Mantan Menteri Penerangan Era Soeharto, Alwi Dahlan Meninggal Dunia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 20 Maret 2024 | 13:55 WIB
Prof Alwi Dahlan meninggal dunia (Foto/UI)
Prof Alwi Dahlan meninggal dunia (Foto/UI)

Indonesiaglobe.id - Kabar duka datang dari dunia akademik dan dunia komunikasi Indonesia. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI) yang juga mantan Menteri Penerangan Prof. Muhammad Alwi Dahlan meninggal dunia.

Prof Alwi meninggal dunia pada usia senja, 90 tahun. Dikabarkan jenazahnya akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Selama hidupnya Prof Alwi banyak berkiprah di dunia komunikasi hingga jurnalistik. Ia merupakan pakar komunikasi, mantan Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat dari tahun 80an sampai 1990-an, hingga akhirnya menjadi Menteri Penerangan.

Prof Alwi dilahirkan di Batu Sangkar, Sumatera Barat pada 15 Mei 1933. Ia melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Kemudian ia pindah ke Amerika Serikat. Di negara adidaya tersebut ia menyelesaikan studinya di bidang jurnalistik, tepatnya di American University, Washington DC pada tahun 1961.

Tak lama kemudian Prof Alwi melanjutkan studinya di bidang komunikasi massa di Stanford University. Lalu melanjutkan studinya lagi untuk mendapatkan gelar doktor ilmu komunikasi di University of Illinois Urbana-Champaign pada 1967.

Prof Alwi menjabat sebagai Menteri Penerangan dalam Kabinet Pembangunan VII yang dipimpin oleh Presiden Soeharto antara Maret hingga 21 Mei 1998.


 sinpo

Komentar: