Lepas Ribuan Orang Mudik Gratis Polri Presisi, Kapolri Pastikan Sopir Bus Bebas Narkoba

Oleh: Mufit
Sabtu, 06 April 2024 | 22:47 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan mudik gratis Polri Presisi tahun 2024. (Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan mudik gratis Polri Presisi tahun 2024. (Humas Polri)

BeritaNasional.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan mudik gratis Polri Presisi tahun 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).

Sebanyak 20 ribu pemudik tujuan empat provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur diberangkatkan dari Monas pada hari ini.

Sigit menuturkan program mudik gratis Polri Presisi merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pelaksanaan mudik tahun ini berjalan aman dan lancar.

"Hari ini, kami dari kepolisian dan kementerian atau lembaga yang lain melaksanakan hal yang sama, yaitu mudik gratis," kata Sigit di sela-sela melepas pemudik.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, tahun ini, program mudik gratis Polri Presisi digelar di 17 provinsi secara bersamaan dengan jumlah penumpang mudik 58 ribu dan menggunakan kendaraan 1.117.

Sigit menuturkan dirinya bersama Menteri Perhubungan (Menhub) dan Panglima TNI mengecek keselamatan dan keamanan pengemudi maupun penumpangnya.

"Sebelum berangkat, dilakukan pengecekan bebas narkoba, alkohol, dan pemeriksaan kesehatan. Semua untuk memastikan pada saat membawa kendaraan semuanya dalam keadaan sehat," ucapnya.

Masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis Polri Presisi 2024 telah mendaftar secara online maupun mendatangi langsung kantor Samsat.

Sigit mengaku mendapatkan laporan pendaftaran online mudik gratis ini langsung ludes ketika mulai dibuka karena tingginya animo masyarakat.

Karena itu, Sigit bakal berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait untuk membahas penambahan kuota mudik gratis bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan, kami akan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. Mudah-mudahan masih ada slot," ujar Sigit.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: