Komnas HAM Soroti Kekerasan Seksual hingga Pembunuhan di Papua

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 14 April 2024 | 18:45 WIB
Ilustrasi HAM. (Foto/freepik)
Ilustrasi HAM. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengecam situasi yang menyangkut HAM di Papua.

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro, pun menyoroti beberapa konflik yang ada. Di antaranya terkait kekerasan seksual terhadap dua orang perempuan di Nabire.

“Komnas HAM mengecam segala bentuk dan tindakan kekerasan yang kerap terjadi di Papua,” ujar Atnike dalam keterangan tertulis, Minggu (14/4/2024).

Selain itu, Atnike juga menyoroti soal Komandan Rayon Militer (Danramil) 1703-04/Aradide yang diduga dilakukan oleh TPNPB-OPM di Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

“Kemudian serta jatuhnya korban jiwa warga sipil anak dalam kontak tembak antara TNI-Polri dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya,” tuturnya.

Atnike menilai kasus-kasus tersebut memperlihatkan bahwa siapapun dapat menjadi korban akibat konflik dan kekerasan yang kerap terjadi di Papua.

Oleh sebab itu, Atnike memastikan pihaknya mendesak pengusutan kasus-kasus kekerasan yang terjadi di Papua secara transparan oleh Aparat Penegak Hukum.

“Serta penegakan hukum secara akuntabel terhadap pihak-pihak yang terlibat demi tegaknya supremasi hukum,” kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: