Pemprov DKI Minta Warga Waspada Banjir Rob

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 15 April 2024 | 11:14 WIB
Ilustrasi banjir rob. (Foto/freepik)
Ilustrasi banjir rob. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com -  Wilayah utara DKI Jakarta berpotensi dilanda banjir rob pada Senin (15/4/2024). 

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji, mengatakan potensi banjir pesisir ini mengacu pada hasil analisa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (Rob) tanggal 12-15 April 2024,” kata Isnawa dalam keterangan resminya, Senin (15/4/2024).

Isnawa menjelaskan, kondisi tersebut diakibatkan karena ada fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Baru sehingga meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

"Puncak Pasang Maksimum pada pukul 23.00-01.00 WIB di wilayah Kamal Muara, Pluit, Marunda, Kapuk Muara, Ancol, Cilincing, Penjaringan, Kamal, Kalibaru," ucap Isnawa.

Maka dari itu, Isnawa mengimbau masyarakat untuk melakukan lima hal. Pertama, warga diminta untuk memantau peringatan dini gelombang pasang melalui laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

"Kedua, laporkan bila menemukan potensi genangan/banjir melalui aplikasi Jaki," ujar Isnawa.

Selanjutnya, warga juga diharapkan mengunduh Buku Panduan Kesiapsiagaan pada tautan tiny.cc/bukusakusiagabanjir.

Keempat, perbarui informasi banjir pada laman pantaubanjir.jakarta.go.id.

"Terakhir, dalam kondisi darurat hubungi 112," tandas Isnawa.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: