Dishub DKI Sebut Baru 80 Persen Pemudik Balik ke Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 17 April 2024 | 19:15 WIB
Situasi arus balik di tol Cikampek Utama. (Beritanasional/Elvis Sendouw)
Situasi arus balik di tol Cikampek Utama. (Beritanasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengungkapkan baru 80 persen atau 22,7 juta orang kembali ke Jakarta dalam arus balik Lebaran 2024.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan beberapa warga memutuskan untuk menunda kepulangan karena adanya kebijakan Work From Home (WFH).

"Sudah sekitar 80 persen yang ke Jakarta. Apalagi ada pengumuman ada WFH sehingga ada beberapa yang menunda kembali ke Jakarta dan menunggu selesai pelaksanaan WFH," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Syafrin berharap warga yang kembali ke Jakarta hanya berjumlah 28,4 juta orang, sesuai dengan prediksi jumlah warga yang melakukan mudik kemarin.

"Kita harap dari yang berangkat 28 juta kemarin, kembali juga 28 juta atau mungkin berkurang," ujar Syafrin.

Meski demikian, Syafrin memahami bahwa Jakarta merupakan kota besar yang menarik sebagai tujuan urbanisasi.

Maka dari itu, Syafrin kembali menegaskan imbauan pemerintah daerah untuk tidak membawa sanak saudaranya saat kembali ke Jakarta.

"Proyeksi (warga yang mudik) kan 28,4 juta. Dan tentu nanti sebagai indikator kota besar Jakarta akan menarik urbanisasi," ucap Syafrin.

"Tapi sebagaimana disampaikan Pak Gubernur bahwa diimbau bagi yang akan kembali ke Jakarta jangan mengajak saudara atau keluarga yang tidak memiliki keterampilan khusus," tambahnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: