Gerindra Tutup Peluang Usung Anies di Pilgub Jakarta: Kita Punya Jago, Muda!

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 18 April 2024 | 15:21 WIB
Anies Baswedan dalam suatu kesempatan (Beritanasional/Panji)
Anies Baswedan dalam suatu kesempatan (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Partai Gerindra menutup peluang untuk mengusung Anies Baswedan untuk Pilgub Jakarta 2024. Gerindra akan mengusung kader sendiri dengan ciri-ciri tokoh muda.

"Kita punya jago, muda, ya," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di DPR, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan diusung oleh koalisi Gerindra dan PKS. Berkat dukungan ini, Anies yang maju bersama Sandiaga Uno berhasil menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada periode 2017-2022.

Namun, Anies berseberangan dengan Partai Gerindra pada Pilpres 2024. Ia maju sebagai calon presiden yang menjadi saingan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Dari gestur Muzani, tidak ada ketertarikan Gerindra untuk mengusung Anies untuk periode keduanya.

Saat ini, Gerindra tengah menggodok kader internal untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Muzani masih merahasiakan siapa saja sosoknya.

"Ya masih digodok, belum mateng itu," kata wakil ketua MPR RI ini.

Sebelumnya, Partai NasDem mengakui ketertarikan untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta. Ketua Umum NasDem Surya Paloh bahkan sudah bertemu dengan Anies membahas wacana mengusungnya di Pilkada 2024.

"Kita cek ombak sama Mas Anies, Mas Anies 18 Maret itu pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu enggak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju pilkada monggo NasDem siap, ya kan," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya di Kantor DPP NasDem, Senin (15/4/2025).

Anies sendiri belum mau membahas wacana maju kembali di Pilgub Jakarta 2024. Ia mengaku masih fokus terhadap sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

"Kita sekarang lagi menunggu MK jadi kita semua fokusnya di situ. Tuntaskan proses ini sampai akhir," kata dia.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: