Siapa yang Diusung PKB di Pilgub Jakarta, Jabar, Jatim, & Sumut? Simak Jawaban Cak Imin

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 20 April 2024 | 21:03 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar bersama Pengurus DPP memberikan keterangan terkait persiapan menjelang Pilkada 2024 di Jakarta, Sabtu (20/4). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar bersama Pengurus DPP memberikan keterangan terkait persiapan menjelang Pilkada 2024 di Jakarta, Sabtu (20/4). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengungkapkan pihaknya membuka pendaftaran Pilkada 2024.

Namun, politikus yang akrab disapa Cak Imin ini belum memutuskan siapa yang akan diusung di beberapa provinsi strategis. 

Misalnya, Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), sampai Sumatera Utara (Sumut).

"Jadi, kami belum bisa memutuskan siapa pun calonnya untuk DKI, Jabar , Jatim,, maupun di mana-mana," katanya saat konferensi pers di rumah dinasnya, Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

Cak Imin mengaku belum ada yang resmi mendaftar. Termasuk di Sumut.

"Di Sumut sampai detik ini belum ada yang berniat mendaftar di PKB, mungkin setelah saya buka ini nanti akan ada pendaftar," kata cawapres 01 itu.

Cak Imin juga tak mengincar tokoh tertentu untuk diusung pada pilkada mendatang. Pihaknya hanya menunggu tokoh-tokoh yang mendaftar.

"Kami hanya bisa menunggu siapa saja yang mendaftar, lalu kami uji. Kami libatkan tokoh-tokoh untuk melakukan uji publik. Kami beri keleluasaan tokoh-tokoh untuk menentukan," kata wakil ketua DPR RI tersebut.

PKB tidak memiliki kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang diusung karena bakal melalui proses uji publik lebih dahulu. Faktor elektoral juga akan menjadi pertimbangan.

"Jadi, penentuannya nanti bukan hanya semata-mata ditentukan oleh PKB, tapi betul-betul ditentukan oleh harapan masyarakat," kata Cak Imin.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: