Prabowo Sepakat Kerja Sama dengan PKB dan NasDem, PDIP dan PKS Berikutnya?

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 26 April 2024 | 07:45 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh (dua dari kanan) menemui Presiden Terpilih Prabowo Subianto (tengah) di Kertanegara, Jakarta, Kamis (25/4). (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Ketum NasDem Surya Paloh (dua dari kanan) menemui Presiden Terpilih Prabowo Subianto (tengah) di Kertanegara, Jakarta, Kamis (25/4). (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto langsung berkeliling menemui partai rivalnya seusai ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Setelah penetapan itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai pertama yang ditemui Prabowo. 

Pada pertemuan tersebut, Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sepakat bekerja sama pada pemerintahan mendatang.

"Kami ingin bekerja sama untuk sebesar-besarnya kebaikan dan kepentingan rakyat kita. Pernyataan bahwa PKB ingin terus bekerja sama dengan Gerindra, dengan Prabowo Subianto," ujar Prabowo di DPP PKB, Rabu (24/4/2024).

Sehari setelahnya pada Kamis , Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta. 

Setelah pertemuan sekitar satu jam itu, Surya Paloh menyatakan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

"NasDem hari ini menyatakan kembali menegaskan mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran," kata Surya Paloh.

Siapa Lagi Ditemui Prabowo?

PKB dan NasDem bukan pemberhentian terakhir Prabowo. Bakal ada lagi partai yang akan ditemui oleh menteri pertahanan RI ini. 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menjamin bakal ada lagi tokoh pimpinan partai politik yang bakal ditemui Prabowo.

"Insya Allah ini bukan pertemuan yang terakhir dan akan terus terjadi pertemuan-pertemuan dengan tokoh-tokoh dan pemimpin partai politik lainnya," kata Muzani di kediaman Prabowo, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Partai rival Prabowo di Pemilu 2024 yang belum ditemui adalah PDI Perjuangan dan PKS. Terkait peluang bertemu dengan PKS, Muzani mengatakan masih diusahakan.

"Ya, nanti kami sedang cek untuk apa namanya berkomunikasi dengan PKS," katanya.

PDIP bakal ditemui Prabowo. Saat ini, dilakukan komunikasi supaya pertemuan Prabowo dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terwujud. Prabowo mengatakan masih melihat perkembangan berikutnya.

"Kami lihat perkembangan ya," kata Prabowo seusai bertemu dengan Surya Paloh di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Kamis (24/4/2025).

Tak Ada Penolakan dari Koalisi Indonesia Maju

Ajakan Prabowo kepada partai rivalnya ternyata tidak mendapatkan penolakan dari partai-partai di Koalisi Indonesia Maju. 

Partai pendukung menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo untuk mengajak partai di luar koalisi.

Sebab, mereka sepakat mengajak partai di luar untuk menguatkan pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

"Partai lain pada berikutnya menyerahkan sepenuhnya kepada presiden terpilih Pak Prabowo untuk melakukan komunikasi politik dengan pimpinan partai politik manapun karena kebutuhan untuk saling menguatkan dalam pemerintahan yang akan datang adalah kebutuhan kita semua," jelas Muzani.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: