Sastrawan Joko Pinurbo Tutup Usia, Dunia Perpuisian Indonesia Berduka

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB
Joko Pinurbo. (Foto/Instagram Jokpin)
Joko Pinurbo. (Foto/Instagram Jokpin)

BeritaNasional.com - Sastrawan terkemuka Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia di usia ke-62 tahun di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Informasi ini diperkuat dengan unggahan dari salah satu rekannya Ulin Ni'am Yusron di Instagram @ulinyusron.

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah berpulang penyair, panutan dan pembimbingku waktu S2 IKJ Mas @jokpin.jogja tadi pagi. Saat ini jenazah masih di RS dan akan disemayamkan di PUKY siang nanti. Almarhum akan dimakamkan besok Minggu di Sleman," kata Ulin dalam unggahannya itu, Sabtu (27/4).

Kabar berpulangnya sang penyair juga dikonfirmasi oleh Goenawan Mohamad melalui akun X pribadinya, @gm_gm.

"Tuhan yang merdu, terimalah kicau burung dalam kepalaku” // Djoko Pinurbo, penyair utama kita, meninggal pagi ini di Yogya dlm usia 62.  Puisinya yang tenang dan sederhana, tak mudah dilupakan. RIP," tulis Goenawan Mohamad.

Pria yang akrab disapa Jokpin ini juga dikenal sebagai pemuisi yang telah memiliki nama besar di Indonesia. Karya-karyanya telah menginspirasi banyak penggemarnya termasuk generasi muda.

Beberapa karyanya yang fenomenal antara lain Celana (1999), Celana Pacarkecilku di Bawah Kibaran Sarung (2007), Di Bawah Kibaran Sarung (2001), Pacarkecilku (2002), hingga Telepon Genggam (2003).

Beberapa antologi Jokpin antara lain berjudul Tugu (1986), Tonggak (1987), Sembilu (1991), Ambang (1992), Mimbar Penyair Abad 21 (1996), dan Utan Kayu Tafsir dalam Permainan (1998).

Terbaru karyanya dirilis dalam bentuk buku pada 2020 bertajuk Perjamuan: Khong Guan: Kumpulan Puisi. Di media sosial ia dikenal menggemakan pesan #SelamatMenunaikanIbadahPuisi.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: