AS Minta Israel Lakukan Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 01 Mei 2024 | 09:00 WIB
Israel menghancurkan Gaza (Foto/Inst Gaza Now)
Israel menghancurkan Gaza (Foto/Inst Gaza Now)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken meminta Israel harus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan aliran bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza yang terkepung. Ia mengatakan, pihaknya akan menyampaikan permasalahan tersebut kepada para pemimpin Israel saat melawat ke Timur Tengah.

Berbicara di Riyadh, Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan, cara terbaik meringankan bencana kemanusiaan di Gaza adalah dengan mencapai gencatan senjata dan membebaskan sandera yang ditahan Hamas.

Meskipun pembicaraan berlanjut, Hamas sejauh ini dengan tegas menolak rangkaian tawaran yang dinegosiasikan Mesir, Qatar, dan AS serta disetujui Israel. Blinken menyatakan, meskipun kesepakatan belum tercapai, sangat penting untuk memperbaiki kondisi di Gaza saat ini.

“Kita juga tidak menunggu gencatan senjata untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan warga sipil di Gaza,” kata Blinken kepada menteri luar negeri-menteri luar negeri Dewan Kerja Sama Teluk.

Dikutip dari VOA, Blinken mengakui ada kemajuan yang terukur dalam beberapa pekan ini, termasuk dibukanya perlintasan baru dan peningkatan volume pengiriman bantuan ke Gaza dan di dalam Gaza, serta pembangunan koridor maritim AS, yang akan dibuka dalam beberapa minggu ke depan. Namun itu tidak cukup.

"Kita masih perlu mendistribusikan lebih banyak bantuan di dalam dan sekitar Gaza,” kata Blinken.

World Central Kitchen mengatakan, pihaknya melanjutkan operasinya di Gaza pada Senin (29/4/2024) setelah penangguhan selama empat minggu.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: