Suami Meutya Hafid hingga Sudirman Said Mau Maju Pilkada Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 11 Mei 2024 | 17:00 WIB
Maju Pilkada Jakarta (Foto/Freepik)
Maju Pilkada Jakarta (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan, terdapat tiga bakal pasangan calon dari jalur independen yang telah berkonsultasi terkait Pilkada 2024.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengungkapkan, pihak pertama yang melakukan konsultasi adalah tim dari Jenderal Polri Komjen Purn. Dharma Pongrekun.

Tokoh lain yang juga sudah berkonsultasi adalah suami dari anggota DPR Meutya Hafid, yaitu Noer Fajrieansyah.

Terbaru, tokoh yang melakukan konsultasi adalah Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang juga merupakan Juru Bicara Anies Baswedan saat Pilpres 2024, yakni Sudirman Said.

"Sudah ada tiga bakal pasangan calon yang sudah konsultasi. Pertama tim dari Pak Dharma Pongrekun, kedua tim dari Noer Fajrieansyah, kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," kata Dody kepada wartawan, Jumat (10/5/2024).

Dari tiga nama tersebut, tambah Dody, baru dua yang meminta akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) guna melengkapi dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan.

"Jadi tiga dari bakal pasangan calon tersebut, sudah dua yang mengajukan akses Silon, yaitu Pak Dharma Pongrekun dan Pak Sudirman Said sudah mengajukan akses Silon," tambah Dody.

Dody pun mengungkapkan, kedua orang tersebut juga telah mengajukan nama calon wakil gubernur yang bakal mendampingi mereka.

Nantinya, Sudirman Said akan berpasangan dengan Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansari.

Sedangkan untuk wakil Dharma Pongrekun, akan diumumkan secara resmi oleh yang bersangkutan pada Minggu (12/5/2024) besok.

"Untuk tim dari Dharma Pongrekun dia sendiri yang akan mengumumkan hari Minggu. Informasinya hari Minggu sore hari akan daftar secara resmi, dengan bakal calon wakil gubernurnya. Sementara pak Sudirman Said dia dengan wakilnya, yaitu Pak Abdullah Mansuri," ungkap Dody.

Dody berharap, para calon independen ini untuk dapat segera memenuhi persyaratan yang ada di Silon, termasuk dengan mengumpulkan dukungan minimal 618.968 KTP. Adapun batas pengisiannya adalah besok pada Minggu pukul 23.59 WIB.

"Kami berharap para bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi atau sudah meminta akses Silon untuk segera bisa segera melengkapi, ataupun bakal pasangan calon yang lain, yang berminat jadi cagub dan wagub provinsi DKI Jakarta, bisa sesegera mungkin melengkapi berkas dukungannya," jelas Dody.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: