Belasan Rumah Warga di Bangka Belitung Rusak Imbas Dihajar Angin Puting Beliung

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 13 Mei 2024 | 19:09 WIB
Rumah warga rusak akibat puting beliung. (Foto/BNPB)
Rumah warga rusak akibat puting beliung. (Foto/BNPB)

BeritaNasional.com - Angin puting beliung terjadi di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu (12/5/2024). Akibat insiden ini 36 jiwa terdampak dan 12 rumah mengalami rusak.

“Berdasarkan laporan yang diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB,  tercatat sebanyak 36 jiwa dan 12 rumah warga terdampak kejadian  angin puting beliung ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan persnya, Senin (13/5/2024).

Kata Abdul peristiwa yang terjadi di Desa Nyelanding, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan ini mengakibatkan beberapa atap rumah warga yang terbuat dari seng serta asbes terlepas dari tempatnya dan berterbangan.

“Bahkan kejadian ini cukup mengejutkan masyarakat sekitar dikarenakan fenomena alam ini terjadi secara tiba tiba dan dibarengi dengan kondisi hujan dengan intensitas tinggi yang sedang melanda kawasan tersebut,” katanya.

Lebih jauh, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa wilayah Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan masih berpotensi hujan ringan hingga beberapa hari ke depan.

“Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PB) Kabupaten Bangka Selatan dan BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih melakukan asesmen dan koordinasi kepada aparat di wilayah terdampak serta terus menginformasikan kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan siaga terhadap segala bentuk ancaman bencana hidrometeorologi,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: