Simak Pernyataan PDIP soal Peluang Usung Bambang Pacul sebagai Bacagub Jateng

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 13 Mei 2024 | 19:15 WIB
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi peluang Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menjadi bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Tengah 2024. 

Hasto mengatakan kader PDIP yang memiliki prestasi tentu dipertimbangkan untuk diusulkan maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Namun, Hasto tidak tegas apakah ketua Komisi III DPR RI itu masuk bursa calon gubernur Jawa Tengah (Jateng).

"Ya, kader-kader dari PDI Perjuangan yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, prestasi yang baik, itu banyak yang diusulkan," kata Hasto di Jakarta, Senin (13/5/2024).

Namun, Hasto mengatakan di daerah yang merupakan basis, PDIP akan mengutamakan untuk mengusung bakal calon kepala daerah dari kader internal.

"Nanti ada daerah-daerah yang merupakan basis PDIP itu merupakan figur yang muncul dari penggemblengan kader," ujarnya.

Di provinsi yang tidak menjadi basis kekuatan, PDIP akan berkoalisi dengan partai lain untuk mengombinasikan kader internal dengan tokoh eksternal.

"Tetapi ada juga yang kombinasi. Contohnya di Jabar, itu kami melakukan kombinasi antara eksternal dengan partai lain dan internal. Di daerah Jambi, misalnya kami dorong kader partai yang muncul dari rekam jejak kepala daerah," jelas Hasto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: