Besok Jemaah Haji Indonesia Bertolak dari Madinah ke Makkah

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 19 Mei 2024 | 22:23 WIB
Jemaah haji. (Foto/Dok Kemenag)
Jemaah haji. (Foto/Dok Kemenag)

BeritaNasional.com - Jemaah haji Indonesia yang kini berada di Madinah diberangkatkan secara bertahap menuju Makkah pada Senin (20/5).

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Ali Machzumi menyatakan delapan kelompok terbang (kloter) yang akan diberangkatkan pada hari pertama pergerakan jemaah dari Madinah ke Makkah.

Diketahui, 52.116 jemaah yang tergabung dalam 134 kloter sudah tiba di Kota Madinah sejak 12 Mei 2024. 

Jemaah ini diterbangkan dalam gelombang pertama dari tanah air menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

Mereka tinggal di Madinah sekitar sembilan hari untuk selanjutnya diberangkatkan menuju kota kelahiran Nabi Muhammad Saw.

"Kami harap pergerakan jemaah dari Madinah ke Makkah berjalan lancar. Jemaah haji bisa tiba dengan selamat di Kota Makkah. Insyaallah nanti melaksanakan puncak ibadah haji pada 9 Zulhijjah," ungkap Ali di Madinah yang dikutip dari laman Kemenag pada Minggu (19/5/2024).

Jemaah akan diberangkatkan ke Makkah dalam tiga tahap. Pemberangkatan pertama pada pukul enam pagi Waktu Arab Saudi (WAS), kemudian pukul 14.00 WAS atau setelah Zuhur, lalu tahap ketiga setelah Asar.

"Sebelum diberangkatkan ke Makkah, jemaah mengambil miqat di Bir Ali. Bagi jemaah lansia tidak perlu turun dari bus. Jemaah lansia bisa mengambil miqat di atas bus," jelas Ali.

Ali menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan mitigasi untuk kesiapan bus dan makanan selama perjalanan, termasuk kesiapan petugas di Sektor Bir Ali, untuk menyambut jemaah yang akan mengambil miqat. 

"Kami sudah melakukan persiapan untuk proses pendorongan ini. Semua sektor telah kami ingatkan untuk menginformasikan kepada jemaah haji teknis keberangkatan, agar jemaah lebih tertib," kata Ali.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: