Sukses Digunakan dalam 4 Babak Championship Series, VAR Bakal Digunakan di Liga 1 Musim Depan?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 21 Mei 2024 | 18:06 WIB
VAR Mobile yang digunakan di Liga 1. (Foto/Liga Indonesia Baru)
VAR Mobile yang digunakan di Liga 1. (Foto/Liga Indonesia Baru)

BeritaNasional.com - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) telah diimplementasikan pada empat pertandingan babak Championship Series Liga 1 2023/24. 

Adapun keempat laga tersebut adalah Bali United FC versus Persib Bandung (14/5/2024), Madura United FC kontra Borneo FC Samarinda (15/5/2024), Persib Bandung vs Bali United FC (18/5/2024) serta Borneo FC Samarinda vs Madura United FC (19/5/2024).

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra mengatakan bahwa implementasi VAR pada empat laga tersebut telah berjalan lancar. Kelancaran ini tidak lepas dari rutinnya koordinasi dengan FIFA agar penggunaan VAR bisa diterapkan dengan baik dan benar.

Asep juga menegaskan bahwa kelancaran implementasi VAR pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24 tak lepas dari komunikasi intensif dengan FIFA. Komunikasi intensif tersebut diawali dengan persiapan dan pelatihan yang didampingi langsung oleh FIFA, hingga uji coba teknologi VAR yang dievaluasi oleh FIFA. 

“Semua berjalan sesuai dengan yang sudah kami rencanakan. Mulai dari koordinasi dengan FIFA, pengiriman mobil VAR ke empat kota, komunikasi dengan broadcast, proses kalibrasi pada empat jam sebelum kick off, sampai dengan penerapan VAR pada match day,” ujar Asep yang juga sebagai VAR Project Leader dalam laman Liga Indonesia Baru, Selasa (21/5/2024).

 “Selanjutnya, kami akan melakukan hal yang sama untuk 4 pertandingan sisa berikutnya,” sambungnya.

Sekadar menginformasikan, persiapan dan pelatihan semua perangkat pertandingan telah dimulai sejak Juli 2023 hingga Maret 2024. Lebih dari itu, FIFA juga telah menyetujui perangkat yang bertugas pada pertandingan yang menggunakan VAR pada awal Mei 2024.

Dalam perkembangannya, pada setiap proses penerapan VAR di babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24, FIFA selalu memantau dan melakukan evaluasi. Dalam hal ini, setiap detail proses, harus dilaporkan ke FIFA. 

“Pada proses itu, FIFA menunjukkan hasil evaluasi hingga mengirimkan ke kami proses persetujuan akhir dalam bentuk approval pada platform FIFA. Persetujuan akhir itulah yang menjadi dasar VAR bisa diterapkan pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24,” pungkas Asep.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: