Menolak Ditangkap, Netanyahu Kutuk Jaksa ICC

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 21 Mei 2024 | 21:00 WIB
Netanyahu kutuk ICC (Foto/Sky News)
Netanyahu kutuk ICC (Foto/Sky News)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengutuk langkah jaksa penuntut dari Mahkamah Pidana Internasional (ICC) yang memerintahkan penangkapan terhadap dirinya. Ia menyebut, perintah tersebut sebagai aib dan serangan terhadap militer Israel dan seluruh entitas Israel.

Kepala Jaksa ICC Karim Khan mengatakan, ia juga mengupayakan perintah penangkapan bagi para pemimpin Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan tiga pemimpin Hamas Yehia Sinwar, Mohammed Deif, dan Ismail Haniyeh.

Khan mengatakan, semuanya bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang terjadi di Jalur Gaza dan Israel dalam perang antara Israel dan Hamas yang telah berlangsung selama tujuh bulan terakhir.

Dikutip dari VOA, Selasa (21/5/2024) Netanyahu mengatakan, permintaan surat perintah penangkapan terhadap dirinya tidak masuk akal dan merupakan sebuah upaya untuk menyangkal hak dasar Israel untuk membela diri.

“Khan menciptakan kesetaraan moral yang menyimpang dan salah antara para pemimpin Israel dan antek Hamas. Ini seperti menciptakan kesetaraan moral setelah peristiwa serangan teroris 11 September antara Presiden Bush dan Osama Bin Laden. Atau selama Perang Dunia II antara Franklin D. Roosevelt dan Hitler. Sungguh sebuah ejekan keadilan! Sungguh memalukan!,” ujar Netanyahu.

“Saya dapat menjamin, upaya ini tidak akan berhasil sama sekali,” kata Netanyahu.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: