Bicara Sikap Politik PDIP, Megawati: Kita Butuh Penyeimbang

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 24 Mei 2024 | 17:22 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, angkat bicara tentang sikap politik partai ke depan. 

Megawati menyadari perlu adanya partai yang menjadi penyeimbang.

"Di dalam menyikapi politik ke depan sebagai partai yang memiliki sejarah panjang di dalam memperjuangkan demokrasi kita tetap menempatkan penting adanya check and balance, bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang," kata Megawati dalam pidato politik di Rakernas V di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Lebih lanjut, Megawati mengakui esensi berpolitik ialah untuk mendapatkan kekuasaan. Hanya saja untuk cara untuk mendapatkan yang menjadi pembeda.

"Namun kita tidak juga menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk selalu mendapatkan kekuasaan. hanya bedanya apa toh, yaitu strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan lah yang membedakan kita dengan yang lainnya," tegas presiden kelima RI ini.

Megawati mengatakan, dalam menghadapi tantangan ke depan, demokrasi membutuhkan penopang yang kuat.

"Dalam menghadapi tantangan yang tidak mudah ke depan, demokrasi semakin memerlukan penompang masyarakat sipil yang kuat pers yang andal," katanya.

Serta, demokrasi juga memerlukan politik yang sehat dan terlembaga dan sistem hukum yang adil.

"Demokrasi juga memerlukan partai politik yang sehat dan terlembaga. Serta sistem hukum yang benar-benar berkeadilan," kata Megawati.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: