Besok Ma’ruf Amin Buka Ijtima Ulama Komisi Fatwa di Babel

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 27 Mei 2024 | 22:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin dalam sebuah kesempatan (Foto/Inst Wapres Makruf Amin)
Wapres Ma'ruf Amin dalam sebuah kesempatan (Foto/Inst Wapres Makruf Amin)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin membuka Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia di Pesantren Bahrul Ulum, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung (Babel), Selasa (28/5).

Utusan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi se-Indonesia dan berbagai ormas Islam menghadiri sidang tiga tahunan ulama fatwa nasional yang berlangsung hingga Jumat (31/5).

"Selain itu, diundang pula para pakar fatwa dari sejumlah perguruan tinggi dan pesantren serta expert dan otoritas lintas bidang sesuai tema agenda bahasan," kata Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/5).

Masduki menjelaskan Ijtima Ulama 2024 berfokus membahas tiga hal, Pertama masalah strategis kebangsaan yang mencakup isu hubungan antarbangsa, hukum mengucap salam lintas agama, hingga etika penyelenggaraan negara.

Kedua, masalah fikih kontemporer seperti zakat penghasilan Youtuber-Selebgram, hukum darah babi untuk pakan hewan halal, hingga masalah mabit di Muzdalifah dengan sekadar melintas/murur.

Ketiga, masalah peraturan perundang-undangan, termasuk layanan agama selain Islam di KUA dan RUU Perampasan Aset.

"Hasil Ijtima Ulama ke-8 ini diharapkan, sesuai temanya, akan semakin mengokohkan Fatwa Sebagai Panduan Keagamaan untuk Kemaslahatan Bangsa," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: