Projo soal Kaesang Maju Pilgub 2024: Saya Tidak Tahu

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 31 Mei 2024 | 18:39 WIB
Kaesang Ketua PSI bersama Jokowi (Foto/Inst PSI)
Kaesang Ketua PSI bersama Jokowi (Foto/Inst PSI)

BeritaNasional.com - Bendahara Umum DPP Projo Panel Barus mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menanggapi isu Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ikut Pilgub 2024.

Menurutnya, Kaesang sudah dewasa dan punya pikiran sendiri jika. Meski demikian, ia mengaku belum mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait mendukung Kaesang.

"Masalah Mas Kaesang maju atau tidak saya juga enggak tahu," ujar Panel di DPP Projo, Jumat (31/5/2024).

"Kalau Pak Jokowi untuk urusan itu sikap dia jelas, ini anak udah gede udah punya bini udah punya keluarga, pikir sendiri, putusin sendiri gitu loh," imbuhnya.

Panel menegaskan, Jokowi belum membicarakan soal mendorong Kaesang maju dalam Pilgub 2024. Akan tetapi, pihaknya memastikan bakal mendukung menantunya, Bobby Nasution.

"Bobby kita dukung kita dukung, terbuka. Tapi kalau Kaesang tadi pertanyaannya enggak ada diskusinya kayak gitu," tuturnya.

Sebelumnya, Kaesang berpotensi dicalo kan sebagai kontestan dalam Pilgub 2024 karena Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan Partai Garda republik Indonesia (Garuda) terkait aturan batas minimal usia calon gubernur dan wakil gubernur 30 tahun.

Hal itu tertuang dalam Putusan Nomor 23 P/HUM/2024 yang diputuskan oleh Majelis Hakim pada Rabu, 29 Mei 2024. 

Dengan demikian cagub dan cawagub berusia 30 tahun terhitung sejak penetapan pasangan calon hingga pelantikan bisa mengikuti kontestasi politik.

Selain itu, MA juga memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencabut Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: