Wapres Ma'ruf Amin Ingin Pansel KPK Seleksi Calon yang Miliki Integritas Berantas Korupsi

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 05 Juni 2024 | 11:00 WIB
Wapres Indonesia Ma'ruf Amin. (Foto/Dok Biro Wapres)
Wapres Indonesia Ma'ruf Amin. (Foto/Dok Biro Wapres)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) dan anggota dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa menyeleksi calon yang memiliki integritas memberantas korupsi di Indonesia. 

Diketahui, dalam menjalankan tugasnya, pansel menyeleksi dan menentukan 10 nama capim serta calon dewan pengawas untuk diserahkan kepada Presiden. 

Menurut Wapres Ma’ruf, pansel harus melakukan seleksi ketat dalam proses rekrutmen agar pimpinan terpilih nantinya dapat secara tegas memberantas tindakan korupsi di Indonesia.

“Kami harapkan pansel ini bekerja dengan baik dan bisa menyeleksi betul calon-calon pimpinan KPK ke depan. Kami harapkan ke depan tentu lebih baik lagi supaya betul-betul yang memiliki integritas melakukan (pemberantasan korupsi),” tegasnya dalam keterangan pers seusai meninjau Kawasan Perkebunan Tebu Sermayam, Kampung Ngguti Bob, Kecamatan Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Selasa (4/6/2024).

Wapres Ma’ruf menyampaikan, setelah melewati 5 periode kepemimpinan, sudah banyak pengalaman yang dapat dijadikan referensi dalam pemilihan calon pimpinan mendatang.

“Karena sudah sekian periode ya, sudah berapa, lima ya, saya kira sudah banyak tentu pengalaman yang sudah dijalankan,” ungkapnya.

Selain itu, Wapres menilai, pengalaman tersebut juga dapat menjadi pegangan agar penanganan pemberantasan korupsi ke depan lebih baik lagi.

“Hambatannya, atau hal-hal yang [terkait] keberhasilannya, saya kira lima tahun ini diharapkan sudah cukup semacam pengalaman-pengalaman yang sudah dilakukan itu. Karena itu kita harapkan ke depan sudah bisa bekerja lebih baik lagi,” pungkas Wapres.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: