KPK Sebut Mahasiswa dan Pengacara yang Diperiksa Kerabat Harun Masiku

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 05 Juni 2024 | 11:22 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa saksi-saksi diduga memiliki hubungan kekerabatan dengan tersangka suap sekaligus mantan caleg PDIP Harun Masiku.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, saksi-saki tersebut adalah seorang pengacara bernama Simon Petrus dan dua orang mahasiswa bernama Hugo Ganda dan Melita De Grave.

"Kemarin diperiksa betul ada pengacara kemudian mahasiswa, itu ketiganya memang ada hubungan kekerabatan (dengan Harun Masiku)," ujar Ali di Gedung Merah Putih KPK dikutip Rabu (5/6/2024).

Ali mengatakan ketiganya diperiksa terkait informasi keberadaan Harun Masiku. 

Selain itu, KPK juga mendalami soal dugaan adanya pihak yang menyembunyikan buron lembaga antirasuah itu.

"Kemudian informasi yang didalami lebih jauh hampir semuanya sama seperti yang KPK terima mengenai keberadaan Harun Masiku, diduga ada pihak yang mengamankan begitu ya," tuturnya.

Dalam waktu dekat, KPK juga bakal memanggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Meski demikian, Ali tidak membeberkan detail materi apa yang bakal didalami dan hari apa Hasto akan dipanggil KPK.

"Mudah-mudahan Minggu depan nanti sebagaimana agenda dari tim penyidik yang akan memanggil orang tersebut sebagai saksi,” kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: