Pengamat Duga Jokowi Bakal Dorong Kaesang Maju Politik, Ini Alasannya

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 09 Juni 2024 | 16:15 WIB
Presiden Jokowi bersama Ketum PSI Kaesang Pangarep. (Foto/Dok PSI)
Presiden Jokowi bersama Ketum PSI Kaesang Pangarep. (Foto/Dok PSI)

BeritaNasional.com - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mendorong Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ke tempat paling strategis dan tepat.

Salah satunya adalah Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Hal itu diucapkannya lantaran Jokowi diisukan tak memperbolehkan Kaesang maju. Menurut Jerry, Jokowi melakukan hal yang berbanding terbalik dari ucapannya.

“Saya kira omongan Jokowi bilang tak memperbolehkan maju itu pasti terbalik. Dengan begitu, saya yakin Kaesang bakal maju,” ujar Jerry kepada Beritanasional.com pada Minggu (9/6/2024).

Dia menduga Budi Djiwandono atau Riza Patria bakal mendampingi anak bungsu Jokowi tersebut dalam Pilgub Jakarta 2024.

“Saya rasa untuk Gerindra akan menunggu komando sang Ketum Prabowo Subianto. Ada Budi Djiwandono dan Riza Patria yang sepertinya sudah siap,” tuturnya.

Jerry menduga Gerindra sudah sangat memasangkan kadernya dengan Kaesang. Meski demikian, dia justru menilai Kaesang masih memilih pasangan yang bakal diajak memenangi kontestasi politik. 

“Tapi, pertanyaanya apakah Kaesang bersedia?” ujar Jerry.

Sebelumnya, Kaesang menyampaikan keinginannya berduet dengan Anies di Pilgub Jakarta 2024 dalam kanal YouTube pribadinya.

“Kalau disuruh pilih, pilih Jakarta. Mungkin duet sama Pak Anies kali ya,” ujar Kaesang sebagaimana dikutip dari YouTube GK Hebat, Senin (3/6/2024).

Kaesang mengatakan PSI memiliki kekuatan 8 kursi di DPRD dan cukup banyak untuk mengusung dirinya dengan Anies di Pulgub Jalarta 2024.

"Ya kalau Pak Anies mau. Kan posisinya Pak Anies belum ada partai, sedangkan aku di Jakarta ada 8 kursi, bisa (maju) kalau mau," kata dia.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: