KPK Akan Selidiki Kasus Harun Masiku Melalui Ponsel Hasto yang Disita

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 12 Juni 2024 | 12:46 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/ist)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/ist)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendalami isi handphone Sekjen PDIP untuk mencari keberadaan tersangka korupsi suap eks Caleg PDIP Harun Masiku.

Menurut tim Jubir KPK Budi Prasetyo, hal tersebut dibutuhkan lantaran handphone merupakan alat komunikasi yang juga bisa menjadi barang bukti elektronik.

"Penyidik akan mendalami dari penyitaan alat komunikasi tersebut, tentu keterangan di dalamnya dibutuhkan dalam proses pemeriksaan dalam perkara ini," ujar Budi di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (12/6/2024).

Ia mengatakan pemeriksaan alat elektronik tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pencarian Harun Masiku agar bisa segera ditangkap.

"Sehingga pemeriksaan dalam perkara ini ataupun dalam konteks pencarian salah satu DPO dalam perkara ini juga kemudian bisa membuahkan hasil," tuturnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap dirinya belum masuk ke dalam pokok perkara.Karena ada kejadian penyitaan handphone pribadinya oleh tim penyidik lembaga antirasuah, yang dititipkan kepada salah satu stafnya.

"Pemeriksaan saya belum masuk pokok perkara. Karena di tengah-tengah itu staf saya yang namanya Kusnadi itu dipanggil," ujar Hasto.

"Katanya untuk bertemu dengan saya, tetapi kemudian tasnya dan handphone atas nama saya disita," imbuhnya.

Atas kejadian tersebut, Hasto memutuskan untuk menyudahi pemeriksaan dan penyidikan.

Ia menegaskan bakal kembali menyambangi markas KPK pada kesempatan lain untuk memberi informasi soal Harun Masiku.

"Kemudian akhirnya saya memutuskan pemeriksaan nantinya dilanjutkan pada kesempatan lain. Kami akan datang memenuhi undangan dari KPK sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen sebagai warga negara," kata Hasto.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: