Begini Respons Anies soal Wacana RK Maju Pilkada Jakarta 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 17 Juni 2024 | 16:44 WIB
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)
Anies Baswedan dalam sebuah acara (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan buka suara soal Ridwan Kamil yang dikabarkan bakal maju Pilkada Jakarta 2024.

Diketahui, Anies juga diisukan bakal maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Kini, ia telah mengantongi dukungan dari DPW PKB DKI Jakarta, DPD PDIP DKI Jakarta, dan DPW PKS DKI Jakarta.

Anies mengatakan, ia lebih penting memikirkan masalah yang ada di Jakarta dibandingkan mengurusi siapa yang bakal berkontestasi di Pilgub itu.

"Saya lebih melihat pentingnya memikirkan nasib warga Jakarta daripada tentang siapa yang akan ikut kompetisi karena ini tentang masa depan rakyat Jakarta, ini tentang masa depan bagaimana kota ini tetap setara adil buat semua," kata Anies kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024).

Oleh karena itu, Anies menegaskan bahwa dirinya lebih memilih untuk fokus agar warga mendapatkan hak yang seharusnya diterima sebagai warga negara.

"Saya merasa penting sekali untuk kita fokus. Jangan sampai kita lihat akhir-akhir ini, bagaimana mereka yang kecil terkalahkan, yang sulit dapat pekerjaan tidak dapat kemudahan, biaya hidup di Hakarta, makin hari makin tinggi," ujar Anies.

"Kebijakan bantuan untuk lansia yang harus kita perbaiki, KJP yang harus diperbaiki, KJMU untuk mahasiswa unggul yang kemarin mahasiswa unggulnya mengeluh karena pemotongan. Itu semua jauh lebih penting," tambahnya.

Anies pun tak ambil pusing siapa yang bakal maju dalam Pilkada Jakarta 2024 mendatang. Pasalnya, pemenang kontestasi politik itu akan ditentukan oleh warga.

"Siapapun yang akan ikut besok, ujungnya rakyat akan memilih kok tapi pilihannya adalah bagaimana calon memikirkan tentang masa depan warga Jakarta," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa Ridwan Kamil akan mempertimbangkan arahan dari partainya terkait Pilkada 2024.

Pernyataan ini dia sampaikan untuk menanggapi banyaknya dukungan bagi Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024, salah satunya dari PAN.

"Pertama, Pak RK adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Jadi, tentu Pak RK akan mendengar pertimbangan yang ada," ujar Airlangga di DPP Partai Golkar, Senin (27/6/2024).

Ia juga menyoroti usulan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang mengusulkan Ridwan Kamil berduet dengan Ketum PSI Kaesang Pangarep.

Menurutnya, hal itu bisa terjadi jika ada kesepakatan antara ketua umum untuk mengusung keduanya di Pilkada Jakarta 2024.

"Dukungan dari parpol dan tentu akan ada kesepakatan antara ketua umum," tuturnya.

Meski demikian, Airlangga mengatakan pihaknya masih melakukan evaluasi dan memantau elektabilitas Ridwan Kamil melalui survei.

"Jadi, sesuai dengan kesepakatan, kita akan terus evaluasi sampai dengan Juli. Tentu akan evaluasi siapa yang maju kita tunggu survei juga," kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: