Hidayat Nur Wahid Ungkap Alasan Cawagub Anies Harus Jadi Jatah PKS

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 18 Juni 2024 | 14:32 WIB
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid. (Foto/MPR)
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid. (Foto/MPR)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) mengungkap sejumlah alasan posisi calon wakil gubernur (cawagub)Jakarta untuk mendampingi Anies Baswedan harus menjadi jatah PKS.

Salah satunya, PKS pantas mengisi kursi calon wakil gubernur itu karena sebagai partai pemenang pemilu di Jakarta.

"Misalnya, beliau dicalonkan juga oleh partai yang lain sehingga beliau diatasnamakan lintas partai. Maka, tentu wajar PKS mengajukan cawagub dari PKS. Karena kan PKS sebagai pemenang pemilu di Jakarta dan wajar lah," ujarnya di DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Apalagi PKS pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017 sudah mendukung Anies sebagai calon gubernur. Menurut Hidayat, pilgub tahun ini sepatutnya kader PKS maju untuk mendampingi Anies.

"Periode yang lalu, PKS telah mendukung Pak Anies cagub, cawagubnya enggak dari PKS lho. Masa sekarang enggak ada lagi," kata HNW.

Hidayat menjelaskan PKS memiliki gudang kader untuk dicalonkan sebagai calon wakil gubernur. Bahkan, kader-kader PKS ada yang mumpuni untuk menjadi calon gubernur.

"Tetapi, kalau misalnya nanti koalisi partai-partai menghendaki untuk Anies dicalonkan dan DPP menyetujui, tentu PKS akan mengusulkan cawagubnya dari PKS," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: