Golkar Akui Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai Cagub Jakarta Turun Usai Nama Anies dan Ahok Muncul

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 20 Juni 2024 | 12:32 WIB
Ridwan Kamil (kanan). (Foto/Jabar Prov).
Ridwan Kamil (kanan). (Foto/Jabar Prov).

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkap ada penurunan elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta sebagai calon gubernur. Hal itu setelah banyak nama-nama rival muncul ke permukaan seperti Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama.

Doli mengungkap, pada awal Ridwan Kamil memasang Billboard OTW Jakarta memang ada daya kejut dan meningkatkan elektabilitas.

"Di Jakarta, ya dulu waktu pertama kali RK memasang Billboard on the way ke Jakarta, memang waktu itu punya daya kejut. Nah elektabilitas nya lumayan," ungkapnya kepada wartawan, dikutip Kamis (20/6/2024).

Namun, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta mulai menurun ketika muncul nama-nama pesaing kuat. Seperti Anies Baswedan hingga Ahok.

"Begitu nama-nama lain muncul kemudian dicalonkan, didengungkan, muncul nama Anies Baswedan, muncul nama Basuki Tjahaja Purnama, segala macem, nah ini menurun elektabilitas nya, kalau kita melihat survei hari ini," kata Doli.

Karena itu Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersepakat untuk tidak buru-buru mengumumkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta yang akan diusung. Masih ada dua bulan sampai pendaftaran, sehingga koalisi sepakat untuk melihat perkembangan hasil survei elektabilitas.

"Makanya oleh karena itu pak Airlangga dan ketum yang tergabung dalam KIM sepakat kita butuh waktu," kata Doli.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: