AS Cari Cara Cegah Konflik Israel-Hizbullah Makin Memanas

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 27 Juni 2024 | 06:00 WIB
Situasi perbatasan Lebanon-Israel  (Foto/NBC News)
Situasi perbatasan Lebanon-Israel (Foto/NBC News)

BeritaNasional.com - Amerika Serikat (AS) sedang berupaya untuk mencapai perjanjian diplomatik yang memungkinkan warga sipil Israel maupun Lebanon untuk bisa kembali ke rumah mereka di kedua sisi perbatasan. Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, pada Selasa (25/6/2024), dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.

Penembakan di sisi utara perbatasan Israel itu telah menyebabkan evakuasi puluhan ribu warga dari wilayah di kedua sisi perbatasan. Penembakkan itu juga meningkatkan ketegangan selama beberapa minggu terakhir dan menimbulkan ketakutan akan pecahnya perang Israel-Hizbullah berskala penuh.

“Upaya Hizbullah bisa menyebabkan terseretnya warga Israel dan Lebanon ke dalam perang yang tidak mereka inginkan. Perang itu akan menjadi bencana bagi Lebanon dan akan sangat menghancurkan bagi warga sipil Israel dan Lebanon yang tidak berdosa,” kata Austin.

Dikutip dari VOA, di Pentagon, Gallant mengatakan, ia akan mendiskusikan kesiapan militer bersama Austin. 

“Kita sedang bekerja sama dengan erat untuk mencapai sebuah kesepakatan, tapi kita juga harus membahas kesiapan setiap skenario yang mungkin terjadi,” ungkap Gallant.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: