Liga 1 2024/2025 Resmi Gunakan Kuota 8 Pemain Asing, Bagaimana Aturannya?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 27 Juni 2024 | 18:32 WIB
Liga 1. (Foto/Liga Indonesia Baru).
Liga 1. (Foto/Liga Indonesia Baru).

BeritaNasional.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga Indonesia menerapkan sejumlah perubahan regulasi untuk kompetisi musim depan. Salah satunya mengenai kuota pemain asing untuk berlaga di kompetisi Liga 1 2024/2025.

Dalam agenda Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB diikuti pemegang saham yang terdiri dari klub-klub Liga 1 dan PSSI, regulasi pemain asing pun ditetapkan bahwa setiap klub diperbolehkan memiliki delapan pemain asing.

“Sebanyak delapan pemain boleh mengisi daftar susunan pemain,” jelas Direktur Utama LIB, Ferry Paulus dilihat dari laman Liga Indonesia Baru, Kamis (27/6/2024).

Berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan, klub diperbolehkan memiliki maksimal delapan pemain asing, baik itu Asia dan non-asia. 

Untuk aturan saat di pertandingan, nantinya yang boleh diturunkan maksimal enam pemain asing saja di dalam starting eleven. Sementara, dua lainnya berada di bangku cadangan dan bisa masuk untuk mengganti pemain asing juga.

“Sedangkan yang diturunkan di starting eleven maksimal enam pemain. Untuk pergantian, pemain asing menggantikan pemain asing lainnya,” beber dia.

Perubahan regulasi berikutnya mengenai penggunaan pemain U-22. Mengenai aturan ini, Ferry mengatakan adanya perubahan ini merupakan bentuk sinergi antara LIB dengan timnas Indonesia. Sebab, pada 2025 akan berlangsung ajang SEA Games yang menggunakan pemain dari kategori usia di bawah 22 tahun.

"Setiap klub wajib memainkan paling sedikit satu pemain U-22 atau kelahiran 1 Januari 2003, dengan durasi bermain minimal 45 menit. Musim lalu, batas usia penggunaan pemain muda yakni U-23,” ungkap Ferry.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: