Joe Biden Berjanji Tak akan Tinggalkan Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 12 Juli 2024 | 19:00 WIB
Joe Biden berjanji tak tinggalkan Ukraina (Foto/DW)
Joe Biden berjanji tak tinggalkan Ukraina (Foto/DW)

BeritaNasional.com - Presiden AS Joe Biden mengatakan, AS tidak akan meninggalkan Ukraina. Ia berjanji tidak akan meninggalkan Ukraina sendirian melawan Rusia.

Dikutip dari Financial Times, Biden juga menggambarkan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai tiran. Ia juga fokus ingin mengalahkan Presiden Rusia yang terkenal tangguh tersebut. 

Hanya beberapa bulan menjelang pencalonannya kembali melawan Donald Trump pada November mendatang, Biden terus menekankan bahwa dukungannya terhadap Kiev tidak akan pernah pudar.

“Kami tidak akan pergi begitu saja karena jika kami melakukannya, Ukraina akan ditaklukkan oleh Rusia dan konflik tidak akan berhenti sampai di situ saja,” kata Biden.

“Negara tetangga Ukraina juga akan terancam oleh Rusia. Seluruh Eropa pun akan terancam,” tambah Biden.

“Ukraina telah diserang oleh seorang tiran yang bertekad mendominasi,” kata Biden menyebut Putin.

“Menyerah pada para penindas, tunduk pada diktator adalah hal yang tidak terpikirkan,” tambahnya.

"Saya tidak akan meninggalkan Ukraina. Saya terus menjaga NATO tetap kuat. Hal ini akan terus kami lakukan," kata Biden.

Sebagian besar agenda KTT NATO difokuskan pada dukungan terhadap Ukraina. Meskipun selama ini Turki dan Hongaria tak setuju upaya NATO mendukung Ukraina. Kedua negara tersebut tak ingin terseret konflik dengan Rusia.

Dalam KTT NATO tersebut, NATO mengumumkan pihaknya siap mengirim jet tempur F-16 yang telah lama dinantikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: