Joe Biden Siap Akhiri Perang di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 13 Juli 2024 | 05:00 WIB
Joe Biden  siap akhiri perang di Gaza (Foto/Inst Joe Biden)
Joe Biden siap akhiri perang di Gaza (Foto/Inst Joe Biden)

BeritaNasional.com - Sudah lebih dari 38.000 warga Palestina yang tewas akibat agresi militer Israel yang terus-menerus. Israel menyebabkan kehancuran hidup warga Gaza dan Palestina secara keseluruhan.

Presiden AS Joe Biden siap mengakhiri perang Israel di Gaza. Bahkan Biden juga tidak mau menyediakan bom bagi Israel karena takut digunakan untuk menyerang warga Palestina dan menimbulkan bencana kemanusiaan yang lebih mengerikan.

Biden mengatakan, Israel dan Hamas sudah menyetujui kesepakatan dengan para perunding yang saat ini sedang berupaya menyelesaikan rinciannya.

"Ini adalah masalah yang sulit dan kompleks. Masih ada perbedaan antara Israel dan Hamas yang harus dijembatani namun sudah ada kemajuan," ujar Biden.

"Saya ingin dilakukan gencatan senjata di Gaza dan segera mengakhiri perang," katanya.

Dikutip dari Antara, Israel sendiri sudah menyerang Gaza ejak 7 Oktober 2023.

Saat ini AS sedang menyusun solusi sementara untuk masalah pengiriman bantuan dengan membangun dermaga sementara di pantai Gaza.

Namun sayangnya, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengumumkan, semua operasi pemberian bantuan akan dihentikan dan dermaga akan dibongkar setelah serangkaian kecelakaan dan ketidakmampuan untuk memberikan bantuan bagi warga Palestina yang kelaparan.

“Saya mengantisipasi bahwa dalam waktu yang relatif singkat, kami akan menghentikan operasi dermaga. Masalah sebenarnya saat ini bukanlah tentang memasukkan bantuan ke Gaza. Ini tentang mengirimkan bantuan di sekitar Gaza secara efektif," kata Sullivan.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: