Pentingnya Perusahaan Melaksanakan Program CSR, Salah Satunya Bentuk Tanggung Jawab

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 12 Juli 2024 | 20:46 WIB
Perusahaan melaksanakan program CSR (Foto/Ist)
Perusahaan melaksanakan program CSR (Foto/Ist)

BeritaNasional.com - Setiap perusahaan wajib melaksanakan CRS. Apalagi CSR merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan lingkungannya. CSR penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

Anastasia Tirtabudi selaku Vice President Brand Marketing & Corp. Communication TACO  mengatakan, pihaknya perlu menerapkan strategi dan kebijakan yang berkelanjutan. Guna mewujudkannya pihaknya melakukan diversifikasi program-program CSR yang melibatkan para pemangku kepentingan. 

“Kami mengumumkan kalau program-program tanggung jawab sosial sudah berjalan dengan baik. Kami juga meraih Top CSR Award 2024 yang menjadi salah satu penghargaan bergengsi," kata Anastasia.

Penerimaan penghargaan Top CSR Award ini merupakan tahun ke-3. Ini membuktikan komitmen perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan. Berbagai program CSR yang dilakukan antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan UMKM.

Pada bidang pendidikan, terang Anastasia, pihaknya kerap menyelenggarakan program pembelajaran gratis seperti memberikan edukasi, mengadakan kunjungan ke universitas di jurusan yang relevan, termasuk bekerja sama dengan SBM ITB untuk menawarkan program pembelajaran gratis dan magang bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat di Indonesia. 

"Sedangkan pada aspek Kesehatan, kami menginisiasikan program penyediaan makan siang sehat bagi karyawan dan program olahraga yang juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan," ujarnya, Jumat (12/7/2024).

Bergerak pada industri manufaktur, lanjutnya, lingkungan menjadi aspek yang penting pada perjalanan bisnisnya, sehingga pemanfaatan limbah produk menjadi bahan bakar turut dilakukan. Lebih jauh, mitra yang menjadi program pengembangan UMKM, menjadi bagian dalam program CSR pada aspek UMKM untuk meningkatkan daya saing UMKM bidang furnitur dan jasa interior. Program mitra TACO kini sudah tersebar di lebih dari 100 kota besar,

"Lebih dari 8.000 mitra kami telah bergabung untuk mengikuti pelatihan pengembangan keterampilan dan pengetahuan bisnis yang difasilitasi kami," ujar Anastasia. 

“Kami terus berupaya untuk secara konsisten melaksanakan program-program CSR yang sudah berjalan sekaligus mengembangkan program-program mendatang untuk mempertegas komitmen kami terhadap strategi dan kebijakan yang berkelanjutan,” pungkas Anastasia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: