Sudirman Said Daftar Seleksi Capim KPK

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 16 Juli 2024 | 10:34 WIB
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. (Foto/Instagram/sudirmansaid)
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. (Foto/Instagram/sudirmansaid)

BeritaNasional.com -  Mantan Menteri ESDM Sudirman Said mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. 

Ia menjelaskan alasan mendaftar sebagai Capim KPK setelah mendapat masukan dan dorongan dari banyak pihak agar dirinya menjadi pimpinan lembaga antirasuah.

"Terutama koalisi masyarakat sipil yang peduli terhadap pemberantasan korupsi,” ujar Sudirman Said dalam keterangannya dikutip Selasa (16/7/2024).

Setelah mempertimbangkan banyak saran dan masukan dari berbagai pihak, kemudian dia memilih ikut andil dalam pemberantasan korupsi.

“Insyaallah saya akan ikut ambil bagian sebagai bagian dari ikhtiar untuk mengikuti seleksi capim KPK," tuturnya.

Bahkan, sebelum mendaftar terlebih dahulu dia melakukan diskusi dengan banyak pihak. Terpenting, ia menegaskan bakal menyingkirkan kepentingan pribadi jika menjadi pimpinan KPK.

"⁠Dalam beberapa pekan terakhir saya berdiskusi dengan sejumlah pihak yang mewakili pandangan publik. Bila panggilan tugas datang, preferensi dan kepentingan pribadi harus disingkirkan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pansel Capim KPK Arif Satria mengatakan 844 orang mendaftarkan diri sebagai pimpinan lembaga antirasuah. Akan tetapi, hanya 468 orang yang menyerahkan dokumen.

“Jumlah registrasi akun 844 orang, yang telah melakukan pendaftaran dengan menyertakan dokumen 468 orang,” ujar Arif.

Arif mengatakan jumlah pendaftar calon pimpinan KPK 280 laki-laki 261 dan 19 perempuan. Sedangkan calon dewan pengawas KPK 188 dengan komposisi 167 orang laki-laki dan 21 perempuan. 

“Yang mendaftar antara lain dari ASN, akademisi, aparat penegak hukum, swasta, dan praktisi,” kata diasinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: