Suhu Panas di Italia Capai 48 Derajat Celcius

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 16 Juli 2024 | 13:25 WIB
Suhu panas di Italia hingga 48 derajat celcius (Foto/Freepik)
Suhu panas di Italia hingga 48 derajat celcius (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Di Italia, rekor suhu tertinggi bisa terjadi Selasa, dengan suhu di Sisilia dan Sardinia mencapai 48 derajat Celcius. Sebelumnya rekor suhu tertinggi di Italia adalah 48,8 Celcius yang dicapai dua tahun lalu. 

Dikutip dari Politico, sekitar 60 persen wilayah Italia kemungkinan akan mencapai suhu 40 derajat Celcius pada minggu ini. Pemerintah Italia mengeluarkan peringatan merah untuk 20 dari 27 kota utama di negara tersebut pada hari Selasa. Pemerintah memperingatkan suhu panas menyebabnya risiko terhadap kesehatan, terutama bagi orang lanjut usia dan kelompok rentan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institute of Global Health dalam jurnal Nature Medicine menemukan, 18.000 orang Italia meninggal akibat gelombang panas di seluruh Eropa pada musim panas lalu, jumlah terbanyak di antara 35 negara yang diteliti.

Panggilan ke nomor darurat mengalami peningkatan akibat suhu panas beberapa hari terakhir. Pemadaman listrik melanda sebagian wilayah Kota Roma pada hari Senin karena adanya lonjakan listrik akibat penggunaan AC.

Akibat suhu panas, produksi susu sapi turun 10 persen sebab suhu panas mempengaruhi kondisi peternakan.

Kementerian Kesehatan Italia meminta warga untuk memakai baju linen dan tinggal di dalam rumah antara pukul 10.00 hingga 18.00 sore.

Warga juga diminta menghindari alkohol, minuman bersoda, dan kopi. Kota Roma juga menawarkan akses masuk gratis ke kolam renang bagi mereka yang berusia di atas 70 tahun untuk mendinginkan tubuh.

Wilayah Andalusia di Spanyol selatan juga berada dalam risiko ekstrim karena suhu mencapai 44 Celcius. Akibat suhu panas, setidaknya lima orang tewas di Italia pada akhir pekan lalu.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: