Polri Kirim 4 Anggota Ikut Seleksi Capim KPK, 2 di Antaranya Bintang Tiga

Oleh: Mufit
Rabu, 17 Juli 2024 | 14:45 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut empat anggota yang ikut capim KPK. (Foto/Humas Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut empat anggota yang ikut capim KPK. (Foto/Humas Polri)

BeritaNasional.com -  Mabes Polri mengirimkan empat anggotanya untuk mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK periode 2024-2029.

Mereka terdiri atas dua jenderal bintang tiga dan dua orang lainnya jenderal bintang dua.  

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan empat perwira tinggi tersebut telah melalui seleksi dan memenuhi syarat.

"Polri memberikan beberapa nama dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat," kata Trunoyudo kepada wartawan pada Rabu (17/7/2024).

Empat personel tersebut adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Komjen Setyo Budiyanto, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen RZ Panca Putra Simanjuntak.

Kemudian, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Djoko Purwanto serta Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Didik Agung Widjanarko.

"Kami sampaikan bahwa keempat personel tersebut adalah merupakan anggota terbaik. Dengan adanya panitia seleksi capim KPK, Polri menjawab sebagai suatu usulan," tuturnya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Panitia Pansel KPK Arif Satria mengungkapkan, jumlah pendaftar calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK mencapai 525 orang hingga ditutup pada Senin (15/7/2024). 

"Dari sejak pembukaan pendaftaran pada 26 Juni 2024 hingga penutupan 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB, dapat disampaikan bahwa total pendaftar 525 orang," kata Arif dalam keterangan video pada Selasa (16/7/2024).

Dia memerinci jumlah pendaftar calon pimpinan adalah 318 orang, yang terdiri atas 298 laki-laki dan 20 perempuan.

Sementara itu, jumlah pendaftar calon anggota Dewas 207 orang yang terdiri atas 184 laki-laki dan 23 perempuan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Indonesia dalam seleksi ini. Selanjutnya, pansel akan melakukan verifikasi atas dokumen-dokumen yang telah diunggah," ujarnya. 

"Verifikasi akan diumumkan pada 24 Juli 2024 melalui aplikasi Apel serta laman KPK.go.id serta setneg.go.id," tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: