Pencalonan Capim KPK: Nawawi Dianggap Lebih Bijaksana Dibanding Ghufron

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 17 Juli 2024 | 15:05 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Nawawi Pomolangi. (Foto/Elvis)
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Nawawi Pomolangi. (Foto/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua IM57+ Institute, M Praswad Nugraha, menilai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, mengapresiasi Nawawi Pomolango.

Hal itu terlontar saat membandingkan Nawawi dengan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan lembaga antirasuah periode 2024-2029.

Eks penyidik KPK tersebut menilai Nawawi sadar diri, tidak seperti Ghufron yang mendaftarkan diri sebagai capim meski masih berperkara di Dewan Pengawas KPK.

“Menurut kami Nawawi lebih tahu diri, meskipun dia lebih minim catatan etiknya,” ujar Praswad kepada Beritanasional.com, Rabu (17/7/2024).

Praswad mengapresiasi pengakuan Nawawi yang gagal memimpin lembaga antirasuah. Menurutnya, sikap tersebut membuat pimpinan KPK itu enggan mencalonkan diri lagi.

“Tetapi tetap sadar dan merasa gagal selama menjadi pimpinan KPK pada periode lima tahun terakhir ini, Nawawi tidak mencalonkan diri kembali,” tuturnya.

Sebelumnya, Nawawi mengaku tak mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan karena banyaknya permasalahan di KPK.

"Saya tidak ikutan lagi mendaftarkan diri. Terlalu banyak 'persoalan' di lembaga ini, dan itu bukan hanya soal pimpinan," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: