Cak Imin Singgung Pelayanan Haji, Doakan Jazilul Jadi Menteri Agama

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 23 Juli 2024 | 17:52 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskdanr. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskdanr. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyoroti penyelenggaraan haji yang terus bermasalah setiap tahunnya. Pemerintah tidak pernah memberikan solusi yang jitu terhadap penyelenggaraan haji.

"Contohnya haji, dari tahun ke tahun solusinya enggak ada ya begitu mulu, mengulangi dan mengulang, untungnya jemaah haji kita itu sabar, dan menganggap sulitnya itu dianggap ya ini bagian dari cobaan, kata Pak Jazil, semakin sulit ibadah haji, semakin kecil pahalanya. Fatwa Pak Jazil ibadah haji yang semakin lancar dan semakin mudah semakin tinggi pahalanya itu menurut pak Jazil," kata politikus yang akrab disapa Cak Imin saat Mukernas PKB di JCC, Jakarta, Rabu (23/7/2024).

Wakil ketua DPR ini menyoroti masalah jamaah haji yang bertumpuk-tumpukan di Arafah dan Mina. Ia pun menyindir ada jamaah yang bayar lebih menghindar penumpukan dengan jamaah biasa.

"Jadi saya tanya pak Jazil kita jemaah di dalam masjid untel untelan cari tempat duduk, itu pahalanya lebih besar, 'oh ngga, justru di Hotel yang keliatan kabah-nya langsung justru pahalanya jauh lebih besar' kenapa?' 'Bayarnya mahal soalnya', itu salah satu yang aneh dari pelaksanaan ibadah haji itu, bagaimana cara menangani misalnya, penumpukan jemaah, karena lokasinya terbatas," katanya.

Menurut Cak Imin, masalah ini selalu tidak ada solusi dari pemerintah. Ia pun bercanda mungkin masalah selesai apabila Waketum PKB Jazilul Fawaid menjadi menteri agama.

"Dari dulu tidak ada solusi, setelah satu abad baru ada solusi, yang namanya lempar jumroh bertingkat, kenapa arafah mina ga dibikin bertingkat? Tentu menunggu pak Jazil menjadi menteri agama kira-kira," pungkasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: