Geledah Kantor Direktorat Minerba, KPK Sita Berbagai Dokumen

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 26 Juli 2024 | 10:28 WIB
KPK geledah Kantor Direktorat Minerba (Beritanasional/Panji)
KPK geledah Kantor Direktorat Minerba (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita berbagai dokumen usai menggeledah Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurut Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika, barang bukti tersebut diduga berkaitan dengan berbagai kasus yang melibatkan Gubernur Maluku Utara nonaktif Abdul Gani Kasuba.

Di antaranya dugaan suap, gratifikasi, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Selain itu, ia juga menduga berkaitan dengan dugaan suap yang melibatkan pengusaha tambang Muhaimin Syarif.

"Untuk hasil penggeledahan didapatkan oleh penyidik dokumen atau surat dan barang bukti elektronik,” ujar Tessa dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (26/7/2024).

Tessa mengatakan tim penyidik bakal mengkonfirmasi bukti-bukti itu kepada para saksi yang akan diperiksa terkait kasus ini.

"Tim penyidik akan mendalami lebih lanjut hasil penggeledahan tersebut,” tuturnya.

Ia juga tak menutup kemungkinan penyidik tersebut bakal berkembang dan menjerat pihak-pihak lain yang diduga terlibat.

“Tidak tertutup kemungkinan penyidikan ini bisa berkembang kepada pihak-pihak lainnya yang patut untuk dimintai pertanggungjawaban pidana," kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: