Peringati Hari Sungai Nasional, Perahu Botol Plastik Berlayar di KBT

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 27 Juli 2024 | 12:35 WIB
Perahu botol plastik berlayar di KBT (Beritanasional/Lydia)
Perahu botol plastik berlayar di KBT (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melalui Unit Penanganan Sampah Badan Air (UPS BA) mengadakan Festival Cinta Lingkungan (CiLung) 2024 untuk memperingati Hari Sungai Nasional pada Sabtu (27/7/2024).

Acara yang diadakan di Kanal Banjir Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada masyarakat untuk mengurangi sampah sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai.

"Festival CiLung 2024 bertujuan untuk mempromosikan pengelolaan sampah yang efektif kepada masyarakat dengan prinsip Kurangi, Pilah, Olah (Kupilah). Kami ingin masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, terutama kebersihan sungai yang menjadi sumber kehidupan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, Sabtu (27/7/2024).

Ia berharap, acara ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus mengurangi sampah dari sumbernya dan mendukung program pengurangan sampah yang ditargetkan sebesar 28 persen pada tahun 2024 dan 30 persen pada tahun 2025.

"Kami juga berupaya untuk mengintegrasikan Rencana Aksi Nasional Ekonomi Sirkular 2025-2045 dalam kebijakan daerah guna menciptakan sistem ekonomi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan,” ujar Asep.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga sungai di Jakarta," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala UPS BA Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Dadang Cahya Rusdiana mengungkapkan bahwa acara ini akan menampilkan berbagai kegiatan menarik. 

"Festival Cinta Lingkungan 2024 akan menghadirkan parade 32 Perahu Cilung, yang semuanya dibuat dari botol bekas Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) hasil karya Pasukan Orange UPS BA. Selain itu, akan ada pameran kerajinan daur ulang dan karya seni berbahan dasar hasil penanganan sampah sungai,” ujar Dadang.

Acara ini juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan interaktif, seperti menaiki Perahu Cilung secara gratis, melihat pameran produk olahan dari sampah, dan berpartisipasi dalam penandatanganan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan sungai di Jakarta.

Tak hanya itu, festival ini juga menyediakan berbagai kegiatan menarik lainnya yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah dan pentingnya menjaga kebersihan sungai. 

"Akan ada juga parade busana dari bahan daur ulang, spot-spot foto Instagramable yang terbuat dari sampah, dan warga mendapatkan kompos hasil pengolahan sampah organik dari sungai secara gratis," tambah Dadang.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: