Rumah Dinas Bapak: Film Horor Komedi yang Angkat Kisah Nyata Masa Kecil Dodit

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 03:03 WIB
Para pemeran film Rumah Dinas Bapak. (BeritaNasional/Satria)
Para pemeran film Rumah Dinas Bapak. (BeritaNasional/Satria)

BeritaNasional.com - Rumah produksi sinema Starvision mempersembahkan film bergenre horor komedi terbaru berjudul Rumah Dinas Bapak yang dirilis pada Kamis (8/8/2024) di seluruh bioskop Indonesia.

Film yang disutradarai Bobby Prasetyo ini diangkat dari kisah nyata komika Dodit Mulyanto waktu kecil yang mengalami kejadian mistis saat pindah ke rumah dinas ayahnya.

Awalnya, kisah tersebut diceritakan Dodit pertama kali di thread Twitter saat pandemi Covid-19.

"Awalnya di thread di Twitter (ceritanya), sambil mengingat waktu itu lockdown pandemi. Ini cerita dari ayah saya yang tahun lalu sudah meninggal. Terbawa sampai hari ini ya," ungkap Dodit saat jumpa pers film Rumah Dinas Bapak di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2024). 

Dia memastikan kisah yang diangkat dalam film ini hampir seluruhnya sama dengan apa yang diungkapkan di thread Twitter/X. 

"Iya ceritanya 90 persen sama," ujar Dodit. 

Dodit mengaku senang, kisah nyata horornya bisa disampaikan melalui sebuah film panjang. 

"Ini perasaan saya campur aduk. Reaksi rekan-rekan sangat bahagia semoga menular di penonton beneran," ungkapnya.

Bagi Dodit, film ini cukup personal karena mengisahkan masa kecilnya pada 1990-an

Dodit menambahkan, diangkatnya kisah yang pernah dialaminya tersebut sekaligus menjadi penghormatan untuk almarhum ayahnya. 

Kini, penonton Indonesia pun bisa mengetahui kisah perjuangan sang bapak sebagai mantri hutan yang harus berjuang dengan para pembalak kayu (blandong).

"Cerita yang diangkat dari kisah nyata bapak saya ini membuat saya jadi teringat tentang masa kecil saya. Mengenang apa yang saya lalui, dan ternyata ketika mengenang kembali, tugas Bapak saya itu berat banget. Film Rumah Dinas Bapak dijamin akan memberikan hiburan yang menakutkan tetapi menghibur," kata pria yang menjadi pemeran utama dalam film tersebut.

Dodit turut membintangi film Rumah Dinas Bapak bersama Putri Ayudya, Yasamin Jasem, Elang El Gibran, Ocatvianus Fransiskus, Sadana Agung. Fajar Nugra, Rukman Rosadi, Fatmah Faisal Nahdi, dan Egi Al Fariz.

Sinopsis

Film Rumah Dinas Bapak menceritakan pengalaman seorang anak bernama Dodit, yang diperankan oleh Octavianus Fransiskus, yang harus ikut pindah mengikuti tugas sang bapak (Dodit Mulyanto). 

Film ini didasarkan pada pengalaman masa kecil Dodit Mulyanto ketika masih tinggal di Kabupaten Blitar. Saat itu, ayahnya bekerja sebagai seorang Mantri hutan sehingga keluarganya pun tinggal di rumah dinas. 

Rumah yang ia tinggali ternyata bekas penjara pada zaman penjajahan yang konon menyimpan banyak kisah tragis dan misteri yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Sejak pertama kali tinggal di sana Dodit dan keluarganya mulai mengalami berbagai kejadian aneh dan sulit dijelaskan secara logika. 

Sejak tinggal di rumah dinas tersebut keluarga Dodit kerap mengalami beberapa kejadian aneh dan menyeramkan setiap malam Jumat kliwon. 

Rumah dinas yang akan mereka tinggali tersebut sudah ada penghuninya sehingga mereka harus hidup berdampingan bersama sosok tersebut. 

Di tengah situasi mencekam, Dodit tidak diam saja. Dia memutuskan untuk menyelidiki asal-usul rumah dinas tersebut.

Daftar Pemain 

Dodit Mulyanto sebagai Bapak, Octavianus Fransiskus sebagai Dodit, Putri Ayudya sebagai Ibu, Yasamin Jasem sebagai Mbal Lis, Elang El Gibran sebagai Mas Dewo, Sadana Agung Sulistya sebagai Sugeng, Fajar Nugra sebagai Kasno, Rukman Rosadi sebagai Mbah Slamet, Fatma Faisal Nahdi sebagai Mimin, Ega Al Fariz sebagai Sopir.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: