Selamat, 20 Marbut Masjid di Jakarta Berangkat Umrah Gratis

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 22:00 WIB
Ilustrasi marbut. Suasana Masjid Babah Alun di Jalan Papanggo, kolong Tol Wiyoto Wiyono, Warakas, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024).(BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ilustrasi marbut. Suasana Masjid Babah Alun di Jalan Papanggo, kolong Tol Wiyoto Wiyono, Warakas, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2024).(BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberangkatkan 20 marbut masjid dari lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah gratis.

Heru juga menyalurkan santunan kepada 12 ahli waris jemaah haji Jakarta 2024  yang wafat di Tanah Suci. 

Penyerahan santunan dan apresiasi ini dilakukan secara simbolis di Balairung, Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (9/8/2024) kemarin.

Heru mengatakan apresiasi umrah gratis ini merupakan salah satu bentuk penghargaan atas dedikasi para marbut menjaga serta merawat rumah ibadah.

"Terima kasih atas pengabdiannya, semoga apresiasi ini menjadi penyemangat untuk terus memakmurkan masjid," ujar Heru, seperti dikutip melalui siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (10/8/2024).

Sementara itu, santunan diberikan sebagai bentuk belasungkawa jajaran Pemprov DKI kepada jemaah haji yang wafat, sekaligus upaya meringankan duka keluarga mereka.

"Saya bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta turut berduka. Semoga santunan ini dapat meringankan duka dan beban bagi keluarga yang ditinggalkan," tutur Heru.

Plt Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati menjelaskan, apresiasi umrah diberikan sebesar Rp 38 juta per orang dan santunan kepada ahli waris jemaah haji yang wafat sebesar Rp 10 juta per orang.

Bantuan umrah dan santunan ini merupakan hasil sinergisitas  Pemprov DKI Jakarta bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI), Baznaz Bazis Provinsi DKI Jakarta, PT Bank DKI, dan PT Jaya Ancol.

"Apresiasi ini merupakan wujud dari peningkatan pembangunan mental dan spiritual umat di Kota Jakarta. Untuk hari ini, ada 20 marbut masjid yang berangkat umrah, tahun lalu sebanyak 12 marbut yang diberangkatkan, dan semoga tahun depan jumlahnya dapat bertambah," terangnya.

Di sisi lain, Ahmad Suhari selaku marbut Masjid Jami Al Makmuriyah, Pulau Pramuka, mengaku terkejut ketika dikabarkan mendapat hadiah umrah dari Pemprov DKI Jakarta.

"Ada rasa kaget dan senang. Awalnya nggak percaya juga, ah masa’ sih dapat hadiah umrah. Tapi, ternyata betul dapat hadiah," ungkapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: