Hari Ini Golkar Gelar Rapat Pleno Tentukan Plt Ketum Gantikan Airlangga Hartarto

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 07:30 WIB
AIrlangga Hartarto saat memberikan kesaksian sengketa Pilpres 2024 di MK beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
AIrlangga Hartarto saat memberikan kesaksian sengketa Pilpres 2024 di MK beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Partai Golkar menggelar rapat pleno membahas pengganti Airlangga Hartarto sebagai ketua umum partai. Rapat pleno digelar pada Selasa (13/8/2024) pukul 19.00 WIB.

"DPP Partai Golkar telah mengeluarkan surat undangan kepada pengurus Pleno DPP Partai Golkar. Rapat Pleno digelar Selasa (13/8) pukul 19.00 WIB di Kantor DPP Partai Golkar," ujar Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar Meutya Hafid dalam keterangannya yang dikutip Selasa (13/8/2024).

Ada tiga agenda dalam rapat pleno tersebut. Pertama, pembacaan surat pengunduran diri Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan penentuan pelaksana tugas ketua umum. Kedua, penentuan jadwal Rapimnas dan terakhir penentuan jadwal Munaslub.

"Sehubungan dengan keputusan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk mundur yang telah disampaikan pada Sabtu, 10 Agustus 2024, DPP Partai Golkar menggelar rapat Pleno pada Selasa, 13 Agustus pukul 19.00 WIB, dengan semangat musyawarah mufakat," ujar Meutya.

Meutya menjamin dalam rapat pleno tidak akan dilakukan voting untuk penentuan pelaksana tugas ketua umum. Pemilihan Plt ketum akan digelar secara musyawarah mufakat.

"Rapat pleno akan dilaksanakan dengan semangat musyawarah mufakat," ujarnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024). Dalam sebuah video resmi, Airlangga menyampaikan pernyataan pamit dari jabatannya.

"Setelah mempertimbangkan dan demi menjaga keutuhan Partai Golkar serta memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan datang, saya dengan penuh rasa syukur dan atas petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa, memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," ungkap Airlangga seperti dikutip dari video yang diterima BeritaNasional pada Minggu (11/8/2024).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: