Cak Imin Minta PBNU dan Kiai Tak Langgar Konstitusi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 14:51 WIB
Cak Imin minta PBNU tak  langgar konstitusi (Beritanasional/Elvis)
Cak Imin minta PBNU tak langgar konstitusi (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menegaskan, PBNU dan para kiai jangan melanggar konstitusi. Kalau sampai melanggar konstitusi akan kualat. Hal itu menyinggung masalah antara PKB dengan PBNU.

"PBNU pun kalau melanggar konstitusi juga, melawan kaidah kebangsaan kita. Kiai pun dari manapun dia berada kalau melanggar konstitusi akan kualat oleh negara kita tercinta," ujar Cak Imin saat penyerahan rekomendasi kepala daerah di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Menurut Cak Imin, konstitusi dan peraturan perundangan-undangan harus menjadi rujukan dalam setiap langkah. Kalau Istiqomah di jalan konstitusi, kata wakil ketua DPR ini, tidak ada satupun yang menganggap kepemimpinan yang dijalankan.

"Kalau kita istiqomah di dalam konstitusi Insya Allah jalan kita lempeng dan tidak akan ada satupun yang mengganggu seluruh kepemimpinan kita yang akan kita jalankan di dalam pemerintahan daerah. Termasuk di dalam seluruh proses politik nasional kita," kata Cak Imin.

"Oleh karena itu keadilan dalam pilar penekanan konstitusi ini mutlak menjadi kewajiban yang tidak bisa dikompromikan," tegasnya.

Karena itu, Cak Imin berharap PBNU dan para kiai harus taat terhadap konstitusi. Sangat memalukan kalau mereka melanggarnya.

"Ya, kita berharap seluruhnya taat pada konstitusi, termasuk PBNU dan kiai Kalau ada kiai yang melanggar konstitusi, itu sungguh memalukan," katanya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: