Jokowi Beberkan Pencapaian Pembangunan Indonesia Selama 10 Tahun

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 11:44 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR 2024. (Foto/tangkapan layar YouTube)
Presiden Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR 2024. (Foto/tangkapan layar YouTube)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan pencapaian pembangunan selama sepuluh tahun pemerintahannya.

Pemerintah membangun fondasi dan peradaban baru dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, desa, hingga daerah terluar.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

‘’Sampai saat ini, kami telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru,’’ ungkapnya saat berpidato di hadapan sejumlah pejabat dan elite politik.

Dengan pembangunan itu, lanjut Jokowi, pihaknya berhasil menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24 persen menjadi 14 persen pada 2023. Hal tersebut bisa meningkatkan daya saing dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 pada 2024. 

‘’Kami mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan. Selain itu, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa juga terbukti dari daya tahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, dalam menghadapi perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas,’’ tuturnya.

Jokowi mensyukuri hasil dan pencapaiannya selama sepuluh tahun memerintah, apalagi adanya badai Covid-19 yang menerpa seluruh dunia.

‘’Patut kita syukuri, alhamdulillah, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih lebih cepat, bahkan terus bertumbuh,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: