Pidato Kenegaraan Terakhir, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Rakyat Indonesia

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 13:10 WIB
Presiden dan Wakil Presiden bersama para Menteri menghadir Sidang Tahunan MPR 2024. (BeritaNasional/HO Parlemen/Elvis Sendouw)
Presiden dan Wakil Presiden bersama para Menteri menghadir Sidang Tahunan MPR 2024. (BeritaNasional/HO Parlemen/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada rakyat karena telah bersama-sama melewati tantangan selama 10 tahun belakangan ini.

Begitu dikatakan Jokowi pada saat sidang tahunan 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

“Kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini,” kata Jokowi.

“Titik yang bisa menjadi titik lontar untuk menggapai kemajuan bersama di masa yang akan datang,” imbuh Jokowi.

Jokowi berkata selama menjabat sebagai presiden 10 tahun ini merupakan sebuah tanggung jawab dan mandat besar yang diembannya. Apalagi, mandat itu tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh dirinya.

“Tahun ini, genap 10 tahun saya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Tahun ini juga genap 5 tahun Bapak Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Sebuah tanggung jawab dan kepercayaan besar yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Sebuah mandat dan amanah besar yang tidak pernah kami pikirkan sebelumnya,” tutur Jokowi.

Kepala Negara mengungkapkan bahwa sejak hari pertama menerima amanah menyadari bahwa akan ada banyak gelombang yang harus dihadapi dan banyak tantangan yang harus diselesaikan.

Namun demikian, Presiden meyakini bahwa ia tidak akan melalui tantangan tersebut sendirian. Doa dan dukungan dari masyarakat lah yang menguatkan Presiden menghadapi berbagai gelombang dan tantangan itu.

“Ada cita-cita dan harapan masyarakat. Ada dukungan dan doa dari rakyat yang selalu mengiringi dan menguatkan. Senyum, sapa, dan doa Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara se-Bangsa se-Tanah Air adalah sumber kekuatan saya,” tandas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: