Jokowi Kedepankan Ekonomi Hijau untuk Masa Depan Indonesia

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 14:00 WIB
Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR 2024. (Foto/Tangkapan layar YouTube)
Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR 2024. (Foto/Tangkapan layar YouTube)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mengarahkan masa depan Indonesia ke ekonomi hijau.

‘’Indonesia juga tidak ingin kehilangan momentum karena Indonesia memiliki potensi besar di sektor energi hijau, yaitu sekitar lebih dari 3.600 GW, baik dari energi air, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut, dan bio energi,’’ ucapnya dalam pidato kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR 2024 yang bertempat di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024).  

Indonesia, lanjut Jokowi, akan mengambil bagian dalam langkah dunia melakukan transisi energi secara hati-hati dan bertahap.

‘’Transisi energi yang ingin kita wujudkan adalah transisi energi yang berkeadilan, yang terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat,’’ tandasnya.

Sementara itu, di sektor teknologi dan digitalisasi, kata Jokowi, Indonesia untuk pertama kalinya memiliki INA digital untuk mempercepat dan mempermudah layanan bagi masyarakat melalui sistem yang terintegrasi.

‘’Kita juga patut bersyukur. Untuk pertama kalinya, kita memiliki INA Digital. Sebuah digitalisasi layanan pemerintah yang terintegrasi untuk mempercepat dan mempermudah layanan bagi masyarakat,’’ ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: