Wapres Sampaikan 3 Arahan Strategis untuk Tata Kelola Pasar Tenaga Kerja

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 23 Agustus 2024 | 21:05 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Foto/Setwapres).
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Foto/Setwapres).

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan tiga arahan strategis dalam reformasi tata kelola pasar tenaga kerja. 

Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara Peresmian Pembukaan Kegiatan Festival Ketenagakerjaan (Naker Fest) Tahun 2024, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/8/2024). 

“Pertama, kembangkan dan sempurnakan Sistem Informasi Pasar Kerja yang telah ada,” ujar Ma’ruf Amin dikutip dari laman wapres, Jumat (23/8/2024).

Lebih lanjut Ma’ruf Amin menyampaikan, sistem ini harus mampu mengarahkan dunia pendidikan dan pelatihan untuk mencetak talenta-talenta yang dibutuhkan oleh dunia kerja. 

Sehingga nantinya, sistem dapat melakukan pencocokan keahlian dan kebutuhan dalam pasar tenaga kerja. Selain itu, sistem ini harus bisa menurunkan biaya rekrutmen tenaga kerja sehingga membuat perusahaan menjadi semakin kompetitif.

“Kedua, tunjukkan komitmen kita terhadap reformasi pasar tenaga kerja Indonesia dengan mempromosikan peluang investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan di Indonesia kepada para investor,” imbaunya.

Dengan upaya perbaikan iklim investasi, Ma’ruf Amin menilai para investor akan terdorong minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia. Hal tersebut akan membuka lebih banyak peluang untuk penciptaan lapangan pekerjaan, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ketiga, tingkatkan kolaborasi yang lebih baik lagi antara pemerintah, perusahaan, dan pekerja, serta seluruh pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem ketenagakerjaan,” tegas Ma’ruf Amin.

Menurutnya, kolaborasi merupakan kunci utama dalam menyukseskan berjalannya seluruh sistem, perencanaan, dan regulasi yang telah disusun.

Ma’ruf Amin berharap penyelenggaraan acara pada hari ini dapat menjadi jembatan kolaborasi antar pemangku kepentingan di bidang ketenagakerjaan.Sehingga ke depan, bidang ketenagakerjaan di Indonesia dapat semakin maju, unggul, dan kompetitif.

“Saya harap Naker Fest 2024 menjadi wadah komunikasi interaktif antara pemerintah dan masyarakat, terutama bagi angkatan kerja muda, sekaligus sinyal bagi calon investor atas komitmen kita mereformasi dan memperbaiki pasar tenaga kerja Indonesia,” pungkas dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: