PDIP Resmi Usung Airin-Ade di Pilgub Banten 2024

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 25 Agustus 2024 | 18:07 WIB
PDIP usung Airin-Ade (Beritanasional/Panji)
PDIP usung Airin-Ade (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - PDIP resmi mengsusung Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten 2024 berkat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 60. 

Menurut Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, hal itu dimungkinkan karena partainya bisa mengusung cagub dan cawagub sendiri di Banten.

"Rupanya gusti Allah mboten sare, Tuhan tidak tidur. Kebenaran ternyata mencari jalannya sendiri," ujar Basarah di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (25/8/2024).

"Ketika putusan MK telah mengatur yang memungkinkan PDIP mengusung calon sendiri," imbuhnya.

Basarah mengatakan, pihaknya tak melakukan negosiasi apapun dengan Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah. Ia menegaskan komitmen PDIP dengan Airin tak akan berubah.

Selain itu, ia juga tak memaksa Airin menjadi kader meski dicalonkan PDIP. Namun, ia membuka pintu apabila mantan wali kota Tangsel itu berkenan.

"Tak satu pun komitmen kami dengan Bu Airin berubah karena terjadi perubahan konstelasi politik itu atau memaksa masuk PDIP, tidak. Pintu itu terbuka, PDIP bukan partai yang memaksa dan mengintimidasi orang lain," tuturnya.

Ia mengatakan, putusan MK 60 dan 70 seperti hadiah bagi rakyat Indonesia. Ia mengatakan, momentum itu membuat PDIP bisa mencalonkan Airin.

"Ini adalah momentum terbaik untuk Bu Airin dan Pak Ade untuk deklarasi. Bagi saya deklarasi ini bukan hanya deklarasi PDIP utk mendukung Bu Airin, ini adalah deklarasinya rakyat Banten untuk memilih pemimpinnya sendiri," kata dia.

Dia mengatakan, warga Banten punya hak untuk menentukan nasibnya dan masa depannya sendiri. Basarah menilai hal tersebut merupakan makna kemerdekaan.

"Bebas dari perasaan takut, dikekang, dan lain sebagainya," tandasnya.

Basarah mengatakan Airin akan menerima surat keputusan (SK) dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, SK itu akan diberikan berbarengan dengan pemberian rekomendasi untuk Pilgub Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Nantinya rekomendasinya dan SK akan secara langsung diberikan oleh Ibu Mega bersama cagub DKI Jakarta, Jawa tengah, dan Jawa Barat. Ibu Ajrin akan diundang ke DPP untuk mendapat arahan langsung Ibu Megawati," tandasnya. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: