Ridwan Kamil Menyambut Baik Wacana PDIP Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 25 Agustus 2024 | 19:12 WIB
Ridwan Kamil, Calon Gubernur Jakarta. (BeritaNasional/Panji Septo)
Ridwan Kamil, Calon Gubernur Jakarta. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) buka suara soal wacana PDI Perjuangan (PDIP) mengusung Anies Baswedan di Pilkada 2024.

RK menyatakan bahwa wacana tersebut merupakan hal yang positif. Menurutnya, warga Jakarta perlu disuguhkan banyak calon pemimpin untuk dipilih dalam Pilkada Jakarta.

"Semakin banyak, semakin bagus untuk warga Jakarta. Kalau bisa lima (calon) sekalian, kalau bisa lebih banyak," kata RK kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2024).

Eks Gubernur Jawa Barat itu pun tidak ambil pusing. Menurutnya, warga Jakarta dapat memilih calon yang paling relevan untuk memimpin selama lima tahun ke depan.

"Tidak ada masalah karena nanti warga punya banyak pilihan secara rasional, mana solusi-solusi yang dibawa oleh calon yang paling relevan untuk lima tahun ke depan, kan," ujar RK.

"Contohnya, kita ada slogan 'Jakarta Baru' karena kita punya gagasan pasca-Jakarta ditinggal ke IKN, kan? Jadi banyak hal baru yang harus kita sampaikan," tambahnya.

Sebelumnya, sinyal bahwa Anies Baswedan akan diusung PDI Perjuangan di Pilgub Jakarta semakin kuat. Ketua DPD PDI Perjuangan Ady Wijaya mengakui pertemuannya dengan Anies Baswedan siang ini membahas Pilkada Jakarta. PDIP dan Anies tengah menyamakan visi dan misi.

"Iya, kita menyamakan visi dan misi, bagaimana kita mengawal konstitusi yang benar, kita harus mengawal demokrasi yang benar," kata Ady saat pertemuan di kantor DPD PDIP Jakarta, Sabtu (24/8/2024).

Ketika ditanya apakah PDIP sudah memutuskan Anies sebagai calon gubernur Jakarta, Ady menjawab singkat, "Insyaallah."

Ady belum memastikan kapan PDIP akan mendeklarasikan Anies Baswedan, karena masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Ady sendiri mengaku siap berpasangan dengan Anies sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta.

"Sama saya lah (Ketua DPD PDI P). Kan DPD, iya, saya Ketua DPD, jatah-jatah saya, benar Pak Anies? Jadi AA," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: