Cegah Penyebaran Mpox, Jokowi Minta Pintu Kedatangan Internasional Diawasi Ketat

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 27 Agustus 2024 | 14:09 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto/BPMI).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto/BPMI).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pengawasan di pintu-pintu kedatangan internasional diperketat untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet atau monkey pox (Mpox).

Hal itu dikatakan Jokowi dalam rapat kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

“Pengawasan di pintu masuk kedatangan internasional juga segera dilakukan dari Kemenkes dan lembaga lainnya,” ujar Jokowi.

Dikatakan Jokowi, protokol kesehatan disosialisasikan secara masif terkait pencegahan penularan Mpox. Hal itu, sebagaimana  saat menangani pandemi Covid-19 di Indonesia lalu.

“Langkah-langkah pencegahan yang diperlukan karena pengalaman Covid yang lalu bisa kita lakukan, sehingga saya minta segera protokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif mengenai ini,” tutur Jokowi.

Karena itulah, Jokowi meminta semua pihak untuk bisa berhat-hati terkait penyebaran Mpox di Tanah Air. Jokowi menuturkan penyakit yang disebabkan oleh virus ini mengalami peningkatan luar biasa di Kongo, apalagi menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Saya juga minta betul-betul kehati-hatian kita kewaspadaan, kita terkait dengan penyebaran wabah Mpox, karena yang saya baca kasus mpox ini sangat meningkat di Kongo,” jelas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: