Foke Ungkap Sejarah Jakarta kepada Ridwan Kamil

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 04 September 2024 | 14:15 WIB
Bacagub Jakarta Ridwan Kamil bertemu mantan Gubernur Jakarta Fauzi Bowo (dua dari kanan) di Setu Babakan. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Bacagub Jakarta Ridwan Kamil bertemu mantan Gubernur Jakarta Fauzi Bowo (dua dari kanan) di Setu Babakan. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Mantan Gubernur Jakarta Fauzi Bowo menjelaskan seluk beluk Jakarta yang multikompleks sebagai kota megapolitan di Indonesia kepada bakal calon gubernur Ridwan Kamil di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2024).

‘’Proses ini saya awali hari ini dengan memperkenalkan. Jakarta ini luas sekali. Multikompleks, megacity, dan lain-lain yang Bang Emil sudah tahu,’’ ucap pria yang akrab disapa Foke itu.

Bukan hanya itu, pertemuan keduanya juga membahas sejarah Kota Jakarta sebagai salah satu tonggak berdirinya negara ini.

‘’Bang Emil sudah tahu ini. Barangkali ada sudut-sudut Jakarta yang beliau belum ketahui. Misalnya sejarah Jakarta. Sejarah Jakarta luar biasa. Tidak ada kota di Indonesia yang punya peran dalam sejarah bangsa ini lebih besar dari Jakarta. Mulai dari kebangkitan bangsa,’’ jelasnya.

Foke melanjutkan, peristiwa sejarah Sumpah Pemuda hingga perjuangan kemerdekaan juga terjadi di Jakarta.

‘’Kemudian milestone berikutnya itu Sumpah Pemuda. Semuanya di Jakarta. Kemudian perjuangan kemerdekaan juga di Jakarta,’’ ucapnya.

Undang-Undang Dasar 1945 juga disusun di Jakarta, proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, sampai akhirnya ibu kota dipindahkan ke Nusantara. 

‘’Lokus Undang-Undang Dasar 1945 pun di Jakarta. Sampai proklamasinya sendiri. Setelah itu, masih ada proses-proses pembangunan bangsa ini yang didorong dari Jakarta sebagai ibu kota. Sampai akhirnya ibu kota ini dipindahkan ke Nusantara,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: